Bisa Bahasa Inggris Tanpa Kursus!

Dari judulnya saja kalian pasti akan tahu apa yang akan saya bahas dalam artikel ini…ya kan?
Kemampuan berbahasa inggris tampaknya sudah menjadi suatu keharusan bagi mereka yang ingin mengejar jenjang karir yang tinggi ataupun mereka yang ingin tamppil intelek, cerdas dan modern didepan orang lain.
Nilai bahasa inggris di rapor boleh 8 atau 9, tapi saat diajak ber cas cis cus dalam bahasa inggris, hanya bia jawab yes atau no…hehehehe gak mau kan?
Pelajaran b.inggris di sekolah tidak cukup untuk menjadikan kita fasih berbahasa inggris,perlu sumber lain untuk menambah wawasan berbahasa inggris kita, maka bagi banyak orang, kursus adalah solusinya, tapi bagi banyak orang juga, kursus bukan solusi sebenarnya, keterbatasan dana menjadi benturan utama.
Karena itu saya akan coba ungkap, beberapa siasat fasih berbahasa inggris tanpa kursus. Selamat membaca…
Persiapan Satu —> Yakinkan diri bahwa kita akan serius untuk belajar bahasa inggris.
Persiapan Dua —> Beranikan diri untuk mempraktikan apa yang telah dipelajari.
Persiapan Tiga —> Jangan malu bertanya kepada orang yang telah mumpuni dalam berbahasa inggris.
Siappp? lanjuttt….
Siasat Satu —-> Reading
Tentunya banyak membaca teks berbahasa inggris, sumbernya sangat banyak, bisa dari buku pelajaran bahasa inggris, koran lokal berbahasa inggris, buku cerita atau media apapun yang penting memiliki teks bahasa inggris. Internet adalah sumber tak terbatas untuk ditelusuri. Saya akui, bagi kita yang belum lancar berbahasa inggris dengan simpanan vocabulary yang terbatas, reading menjadi sesuatu hal yang sangat melelahkan, bukan hanya karena belum terbiasa tapi juga capek untuk bolak-balik buka kamus. Tapi jika sudah terbiasa, reading menjadi sesuatu yang mengasyikkan, percaya deh!
Siasat Dua —-> Speaking
Ambil bacaan bahasa inggris favorit anda, lalu bacakan dengan nyaring. Belajar berbicara dengan menggunakan bahasa inggris walau mungkin hanya kata-kata sederhana didepan cermin, belajar berimajinasi saat melakukannya, seolah anda adalah mahasiswa beasiswa yang sedang belajar di luar negeri dan sedang memperkenalkan diri kepada teman-teman anda, atau sedang berdiskusi dengan teman luar negeri anda. Lakukanlah walau itu berkesan konyol! Ingat pepatah “Alah bisa karena biasa”. Anda pun bisa belajar pengucapannya dengan memperhatikan berita-berita berbahasa inggris yang biasa disiarkan di TV (Metro TV misalnya) ataupun siaran radio berbahasa inggris (RRI juga menyiarkan!), perhatikan bagaimana sang pembaca berita mengucapkan suatu kata.
Siasat Tiga —-> Listening
TV dan radio adalah sumber untuk belajar bahasa inggris yang tak habis untuk dipelajari. Berita bahasa inggris, lagu berbahasa inggris, dan iklan berbahasa inggris menjadi sumber listening yang tak terbantahkan. Sulit memang karena kita akan kebingungan dengan apa yang sedang diucapkan, hal ini karena telinga kita belum terbiasa untuk mendengar kata-kata berbahasa inggris dan juga vocabulary yang masih kurang, jadi tingkatkan kedua aspek tersebut untuk melancarkan bahasa inggris kita. Sulit tapi tidak mustahil!
Siasat Empat —-> Writing
Belajarlah untuk mengungkapkan hal-hal sederhana dengan bahasa inggris lalu tuliskanlah, hal ini akan sangat mengasah logika berbahasa kita. Kalau kita masih belum terbiasa untuk writing, hal ini mungkin bisa dicoba, cobalah menyalin ulang bacaan bahasa inggis favorit anda, semakin anda terbiasa, semakin anda terpikat untuk melancarkan bahasa inggris anda.
Siasat Lima —-> Project
Buatlah suatu projek untuk menggali lebih dalam kemampuan anda dalam berbahasa inggris, misalnya
@ Menterjemahkan suatu artikel atau buku dalam bahasa bahasa indonesia ke bahasa inggris
@ Buat suatu pidato berbahasa inggris dan deklamasikan di depan cermin
@ Buat terjemahan suatu lagu inggris kedalam bahasa indonesia
@ Buat target untuk membaca suatu artikel / buku berbahasa inggris sampai habis dan tentu anda mengerti isinya
Saat anda mengukur kemampuan anda tersebut, anda akan berdecak kagum dengan apa yang anda raih.
Oh ya, saya sangat menyarankan sekali untuk masuk ke link ini bbclearningenglish.com, situs milik bbc yang sangat saya sukai untuk belajar bahasa inggris, semua sumber untuk reading, writing, listening, grammar dan vocabulary tersedia secara lengkap untuk diunduh (download) dan selalu up date dengan perkembangan bahasanya.
Jadi untuk bisa bahasa inggris tidak harus mahal selama ada kemauan untuk belajar dan maju…
Hargailah dan rayakanlah atas apa yang telah anda bisa anda capai!
Selamat belajarrrrrr… :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

pelajarana yang sangat mengesankan da perlu utnuk di tiru jejaknya....

Posting Komentar